Rabu, 02 Agustus 2017

Donor darah ternyata bisa turunkan risiko sakit jantung

Donor darah ternyata bisa turunkan risiko sakit jantung,- donor darah bukan hanya sebuah kegiatan kemanusian untuk orang lain, melainkan juga untuk diri sendiri. Melakukan donor darah bisa membuat orang lebih sehat. Baru-baru ini penelitian juga mengungkap bahwa donor darah bisa menurunkan risiko penyakit jantung, terutama bagi orang yang sering bepergian atau bekerja secara shift setiap harinya.

Peneliti dari Australia menemukan bahwa pekerjaan dengan sistem shift dan sering mengalami jetlag akibat bepergian bisa memberikan efek serius terhadap sel darah merah. Hal ini berujung pada meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang yang bekerja secara shift dan sering bepergian. Meski begitu, efek ini bisa dihilangkan dengan memproduksi sel darah baru, salah satunya adalah dengan mendonorkan darah agar tubuh terpicu untuk memproduksi sel darah merah yang masih segar.

Peneliti yang dipimpin oleh Dr Margit Egg ini melakukan pengamatan terhadap zebrafish yang memiliki tingkat keaktifan sama seperti manusia. Ikan ini dibuat melakukan kegiatan dalam sistem shift sama seperti karyawan yang melakukan kerja shift setiap harinya. Peneliti kemudian menemukan bahwa ikan yang melakukan kegiatan shift memiliki sel darah merah yang menumpuk pada pembuluh darah.

"Biasanya terdapat keseimbangan antara produksi sel darah merah baru dengan yang dihilangkan dari tubuh. Biasanya sel darah merah yang tua akan menempel pada lever dan dibersihkan oleh sel darah putih. Namun keadaan seperti kerja shift bisa mengganggu proses ini sehingga sel darah merah yang tua menumpuk pada pembuluh darah," ungkap Dr Egg, seperti dilansir oleh Science Daily (02/07).

Penumpukan itu nantinya akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini membuktikan alasan mengapa pekerja shift memiliki risiko terkena penyakit jantung 30 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pekerja biasa. Namun hal ini bisa dicegah dengan melakukan donor darah yang akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah merah baru.

Melakukan donor darah merupakan cara paling sederhana dan mudah untuk bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan sistem kardiovaskular pada pekerja shift. Meski begitu hingga saat ini Dr Egg dan koleganya masih melakukan pengamatan lebih lanjut apakah bekerja secara shift juga mempengaruhi sistem lain pada tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar